Postingan

Sanggahan untuk fatwa MUI tentang libur sholat jum'at

*SANGAHAN UNTUK FATWA MUI &  USTAD2 YANG IKUT SERTA MENG-AMIINKAN NYA* Baca baik-baik ya..,biar ngak gagal faham tentang :  HUKUM AJAKAN TIDAK SHOLAT BERJAMAAH DAN SHOLAT JUM'AT DI MASJID بسم الله الرحمن الرحيم الحمد لله رب العالمين، والصلاة والسلام على سيدنا محمد، وعلى آله وصحبه أجمعين، أما بعد:  *Qowa’idl Fiqhiyyah menandaskan* : تصرف الامام على الرعية منوط بالمصلحة *Kebijakan pemimpin terhadap rakyat harus berdasarkan kemaslahatan* Kami sangat keberatan jika aktifitas shalat jama’ah, shalat jum’at, berjabat tangan sesama muslim satu jenis, kegiatan belajar-mengajar dalam sekolah dan madrasah dilarang (sebagaimana difatwakan oleh MUI) hanya karena *ketakutan berlebihan dengan penularan Covid-19*, lalu kemudian dikorelasikan dengan *Qoidah fiqhiyyah yang berbunyi* : درء المفاسد مقدم على جلب المصالح *Mencegah bahaya lebih didahulukan dari pada menarik kemaslahatan* Padahal jika dianalisis lebih lanjut, penerapan Qoidah ini untuk realitas NKRI secara keseluruhan justru...

RPP selembar

*RPP SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2020* *Disesuaikan dengan Surat Edaran ( SE ) Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan RPP* Isi pokok surat edaran tersebut pada intinya menyatakan bahwa penyusunan RPP dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid.  Adapun komponen yang wajib ada dalam RPP Yaitu  A. Tujuan pembelajaran B. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran C. Penilaian pembelajaran Berikut Kami sampaikan *RPP 3 Komponen* SD/MI Kelas 1 ,2,3,4,5 dan 6 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2020 yang boleh dikembangkan kembali oleh bapak ibu guru : 1⃣ RPP Kelas 1 Tema 5 : http://bit.ly/RPPK1T5_REVISI2020 1⃣ RPP Kelas 1 Tema 6 : http://bit.ly/RPPK1T6_REVISI2020 1⃣ RPP Kelas 1 Tema 7 : http://bit.ly/RPPK1T7_REVISI2020 1⃣ RPP Kelas 1 Tema 8 : http://bit.ly/RPPK1T8_REVISI2020 2⃣ RPP Kelas 2 Tema 5 : http://bit.ly/RPPK2T5_REVISI2020 2⃣ RPP Kelas 2 Tema 6 : http://bit.ly/RPPK2T6_REVISI2020 2⃣ RPP Kelas 2 Tema 7 : http://bit.ly/RPPK2T7_REVISI2020 2⃣ RPP...

istilah seputar penanganan virus corona

*Istilah - Istilah Yang Ada dlm Corona Virus Diase (Covid-19)* 1. *ODP* (Orang dlm Pemantauan)  2. *PDP* (Pasien dlm pengawasan) 3. *Suspect* (diduga terkena virus karena sdh menunjukkan  gejala dan pernah berkontak atau bertemu dg orang yg positif corona) 4. *Positif* (setelah melalui cek lab dan prosedur lain ) 5. *Lockdown* mengunci masuk keluar dari suatu wilayah/daerah/negara 6. *Social Distancing* Menjauhi segala bentuk perkumpulan, menjaga jarak antar manusia, menghindari berbagai pertemuan yang melibatkan banyak orang. 7. *Isolasi* Untuk yg sakit. Mengendalikan penyebaran penyakit dg membatasi perpindahan orang (mencegah perpindahan penyakit  dari orang yg sakit) 8. *Karantina* Untuk yg sehat.  Mengendalikan penyebaran penyakit dgn membatasi perpindahan orang (mencegah perpindahan penyakit  ke orang yg sehat) 9. *Work From Home (WFH)* Bekerja dari rumah 10. *Imported Case* Seseorang terjangkit saat berada diluar wilayah dimana pasien melapor. 11. *Local ...

Taqdir dan Do'a + Ikhtiar

Ada kisah menarik di balik hadist ini,         Rasulullah SAW, bersabda :  "Tidak ada yang dapat menolak takdir (ketentuan Allah) kecuali doa dan tidak ada yang dapat menambah umur kecuali berbuat kebaikkan." (HR Tirmidzi, HR. Ibnu Majah)      Hadist di atas dapat mencerahkan kehidupan manusia berdasarkan pengalaman hidup masing-masing, ketika mengalami hal yang kurang pas dalam hidupnya.       Ada seorang pemuda (klien) yang konsultasi kpd saya tentang pengalaman hidupnya dalam mendapatkan jodoh dari hal yang pada mulanya memberikan harapan baik namun akhirnya mengecewakan baginya ( merasa tertipu). tetapi hal itu diterimanya menjadi taqdir dalam hidupnya. menurutnya jodoh itu tidak selalu dengan jalan baik namun bisa dengan jalan tidak baik. seperti yang dialaminya.       Dia menceritakan kisahnya secara singkat. Dia saat itu belum kepikiran dan berniat Rumah tangga (Menikah) karena belum matang secara psikis d...

Model - Model Pembelajaran yang Relevan dg HOTS

Gambar
Model-Model Pembelajaran HOTS (High Order Thinking Skill) _ Pengembangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS) merupakan program yang dikembangkan sebagai upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan. Program ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang pada tahun 2018 telah terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter dan pembelajaran berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS). Keterampilan berpikir tingkat tinggi yang dalam bahasa umum dikenal sebagai Higher Order Thinking Skill (HOTS) dipicu oleh empat kondisi. a. Sebuah situasi belajar tertentu yang memerlukan strategi pembelajaran yang spesifik dan tidak dapat digunakan di situasi belajar lainnya. b. Kecerdasan yang tidak lagi ...

Aki Totto (Bapak Penyayang Anak - Anak )

Gambar
Innalillahi waina ilaihi rooji’un pada malam Kamis tanggal 30 Oktober tahun 2019  jam 20.30  wib telah meninggal dunia pada usia sekitar 64  tahun,  seorang  tokoh guru matematika yang bersahaja dan sederhana tetapi memiliki integritas yang tinggi terhadap profesinya sebagai guru yang sangat dicintai murid - muridnya, disegani dan dihormati rekan - rekan guru, disayangi semua saudara, kerabat dan keluarga. Yang luar biasa dari almarhum (Pak Guru Totto Mimasya) adalah beliau sangat menyayangi, peduli dan sangat perhatian  kepada anak -anak seperti menyayangi cucu nya sendiri. Beliau terkenal pandai, disiplin dan profesional sebagai guru matematika. hal itu ditandai dengan kiprah beliau mengajar beberapa sekolah. seperti di SMK Negeri 1 Kuningan, SMK Yamsik Kuningan dan SMK BI Jalaksana Kuningan. beliau sangat terkenal panggilan akrabnya pak Toto Kumis.         Beliau merupakan pensiunan PNS dari SMKN 1 Kuningan, beliau dikenal...

Profil dan Perjalanan Perjuangan Musonif Penulis Syarah kitab Al-Hikam (Syekh Abdullah Bin Hijazi Assarqawi)

Beliau adalah al-Imam al-Syaikh Abdullah bin Hijazi bin Ibrahim al-Syafi’i al-Azhari al-Syarqawi. Lahir di desa al-Thawilah Propinsi Syarqiyah pada tahun 1150 H/1737 M. Setelah menghafalkan al-Qur’an di desa beliau berangkat ke Kairo untuk menimba ilmu di al-Azhar. Di al-Azhar beliau menimba ilmu kepada para ulama terkemuka sehingga beliau menjadi mufti madzhab Syafi’i. Kemudian beliau menapak jalan sufi dengan berguru kepada Syaikh al-Kurdi. Beliau hidup bersahaja dan sederhana meskipun telah dikelilingi harta dunia. Tahun 1218 H/1793 beliau diangkat menjadi Syaikh al-Azhar menggantikan Syaikh Ahmad Musa al-‘Arusi. Pada Masa kepemimpinan beliau Mesir dijajah oleh Perancis di bawah pimpinan Napoleon Bonaparte. Syaikh Abdullah al-Syarqawi adalah salah satu dari sepuluh ulama Dewan Syuro Mesir yang berusaha didekati Napoleon. Beliau menasehati hakim Mesir saat itu untuk bersikap adil kepada rakyat dan tidak membebani mereka dengan pajak yang tinggi. Atas saran beliau juga, hakim Mesir me...